Prodi Farmasi POLTEKKES PIM Pamerkan Kreasi Inovatif Fitofarmasi di Kampus Putra Indonesia Malang

Malang, Berbagai produk inovatif berbasis bahan alam mewarnai pameran produk fitofarmasi yang digelar oleh mahasiswa Program Studi D3 Farmasi Politeknik Kesehatan (POLTEKKES) Putra Indonesia Malang (PIM). Pameran ini diadakan pada hari Selasa (25/6) di Lobby kampus PIM, Jalan Barito No 5 Kota Malang, sebagai implementasi dari mata kuliah Fitofarmasi.

Acara ini menghadirkan beragam produk menarik yang diolah dari bahan-bahan alami. Salah satu yang mencuri perhatian adalah Hibiskiss Lip Serum, inovasi lip serum terbaik yang dibuat dari ekstrak bunga Rosella, Alpha Arbutin, Vitamin E, BHT, Grape Seed Oil, dan Asam Benzoat. Produk ini merupakan hasil karya tim mahasiswi semester 4 Prodi Farmasi POLTEKKES PIM, yaitu Yolanda Eka Nevy dan kawan-kawan.

Menurut Yolanda, Hibiskiss Lip Serum memiliki banyak manfaat, seperti melembabkan bibir, mencerahkan warna bibir, dan melindungi bibir dari radikal bebas. ” Lip serum ini, memang untuk menyehatkan bibir dan memberikan warna alami pada bibir, mencerahkan bibir gelap hingga memperbaiki tekstur bibir” , jelasnya.

Selain Hibiskiss Lip Serum, masih banyak produk fitofarmasi kreatif lainnya yang dipamerkan, seperti sabun herbal, plaster patch herbal, saukies crispy cookies dari daun katuk, face mist ekstrak daun peganggan, gingeger bite jelly,  shoote pipper skin ekstrak sirih, hingga evervescent  ekstrak kuit manggis.  Pameran ini menjadi bukti nyata dedikasi dan kemampuan mahasiswa POLTEKKES PIM dalam mengolah potensi bahan alam menjadi produk-produk bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

“Namanya formulasi, selalu harus ada riset dan development. Harus memiliki kualifikasi tertentu. Seperti persyaratan produk yang aman dan sebagainya. Bukan berarti produk kita tidak aman. Namun perlu trial untuk memastikan bahwa kualitas produk sesuai dengan persyaratan yang ditentukan,” ujar Direktur POLTEKKES PIM, Dr. apt. Erna Susanti,

Baca juga:  APDFI Wilayah 3 Gelar Rapat Bahas Peningkatan Mutu Pendidikan Farmasi

Dia mengaku, semua produk Fitofarmasi yang ditunjukkan para mahasiswa POLTEKKES PIM lumayan bagus dan mumpuni. Bahkan, siap bila dipasarkan nanti. “Namun, masih harus dipastikan stabilitas produk karena akan berpengaruh terhadap kualitas sediaan ketika disimpan untuk proses distribusi sampai ke konsumen,” urainya.

Direktur Kampus yang beberapa hari lalu menjalin kerjasama dengan KORMI Kota Malang ini berharap kegiatan ini dapat memacu semangat mahasiswa untuk terus berinovasi dan mengembangkan potensi diri, sehingga mampu menjadi ahli fitofarmasi yang handal dan profesional.

Pameran produk fitofarmasi ini menjadi bukti komitmen POLTEKKES PIM dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing di bidang farmasi. Dengan memadukan ilmu pengetahuan dan kreativitas, mahasiswa PIM mampu menghasilkan produk-produk inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat(apr)

Bagikan:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *