Webinar dengan Tema “Cosmetics & Cosmeceuticals Skins Care Routine In Pandemic Era” Oleh AKAFARMA Putra Indonesia Malang

Akademi Analis Farmasi dan Makanan Putra Indonesia Malang ( Akafarma PIM ) merupakan lembaga pendidikan vokasi Diploma 3 yang senantiasa berkomitmen mencetak lulusan Ahli Madya Analis Kesehatan yang berkompeten di dunia kerja. Untuk mencapai target tersebut Akafarma PIM selalu konsisten untuk menyelenggarakan program- program aktual terkait pembelajaran salah satunya adalah program Webinar. Melalui kerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Analis Farmasi dan Makanan PIM (HIMANISMA PIM), webinar bertujuan untuk membagi  ilmu pengetahuan bagi mahasiswa internal Akafarma PIM dan masyarakat luas.  Topik yang diulas dalam webinar kali adalah tentang “Perkembangan kosmetik dan Cosmeceuthical Di masa Adaptasi Baru Dan Mengulas Tentang Keamanan Kosmetik”. Salah satu topik bahasan adalah bahan – bahan kimia dalam kosmetik dan efek sampingnya apa bila dipergunakan tanpa pengawasan oleh ahli dan dalam waktu yang lama. Materi lain Cara kerja bahan dalam kosmetik untuk mencegah hiperpigmentasi dan tips mengetahui apakah kosmetik yang akan di gunakan aman untuk kulit.

Menurut Ketua penyelengara Anggraeni In Oktavia,SP,M.Ling kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa, tenaga teknis kefaramasian dan masyarakat umum. Dengan target perserta 350 peserta dari seluruh indonesia. . Harapannya  Dari kegiatan webinar ini adalah tersampaikannya ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan keamanan  cosmetic dan cosmeceutical kepada masyarakat. Sehingga masyarakat teredukasi dan mampu memilih dan memilah kosmeti yang aman untuk dipergunakan. Mengingat saat ini banyak beredarnya kosmetik yang tidak berijin dan menggunakan bahan kimia berbahaya. manfaat yang di peroleh dari webinar ini bagi mahasiswa mendapatkan materi yang mendukung kompetensi keilmuannya dari pakar. Karena webinar ini kaitannya erat dengan salah mata kuliah yang disajikan dalam kurikulum akafarma yaitu analisa kosmetik dan alat kesehatan. Harapan untuk peserta dari kalangan tenaga teknis kefarmasian (TTK) materi dari webinar ini dapat memberikan informasi tentang dampak dari pemakaian kosmetik dengan bahan kimia  berbahaya. Sehingga TTK mampu meberikan penjelasan kepada masyarakat. Bagi masyarakat umum diharapkan materi webinar ini mampu memberikan pencerahan keilmuan tentang cosmetic dan cosmeceutichal, memberikan gamabaran dalam memilih kosmetik dan kapan harus ke dokter untuk melakukan perawatan kulit.

Dalam kegiatan webinar ini sebagai pemateri  Dr.apt.Erna Susanti,M.Biomed menyampaikan materi tentang  “ Mengenal Lebih Dekat Kosmetika Yang Aman Serta Peran TTK Dalam Mencegah Peredaran Kosmetika Ilegal”. Peserta  dapat lebih memahami bahaya dari  kosmetika ilegal dari kajian ilmiah tentang  efek penggunaaan hidroquinon dan merkury dalam kosmetik jika digunakan secara terus-menerus. Manfaat yang didapatkan utk peserta  ttk dan calon ttk memahami perannya dalam pengendalian peredaran kosmetika ilegal sesuai kewenangan yg diberikan sesuai perundangan. Harapanya peserta  paham terkait efek samping penggunaan kosmetika ilegal sehingga mampu mengubah perilaku salah masyarakat dalam memilih kosmetika yg aman serta dapat menjadi  konsumen cerdas dengan cek klik,.cek kemasan,cek label, cek izin edar, dan cek kedaluarsa.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *