Poltekkes PIM Rujukan Studi Banding AKFAR Toraja


Status akreditasi baik sekali yang disandang oleh Politeknik Kesehatan Putra Indonesia Malang (POLTEKKES PIM) menjadikan kampus yang beralamat di jalan barito 5 Kota Malang ini menjadi rujukan kampus AKFAR Toraja. Berawal dari Munas yang diselenggarakan di Bali yang mempertemukan para petinggi Kampus kesehatan, Direktur AKFAR Toraja tertarik untuk melakukan studi banding dan kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi setelah sering membuka website kampus dan melakukan pembicaraan dengan Direktur POLTEKKES PIM Dr. Apt. Bilal Subhan Agus Santoso, M.Farm
Akfar Toraja mengerti dan faham akan eksistensi POLTEKKES PIM yang sudah menjadi kampus tertua di Jawa Timur.

“ Tentunya kami merasa senang dan tersanjung atas apresiasi dari Akfar Toraja yang memiklih kami sebagai tempat rujukan studi banding”, ucap apt. Endang Susilowati, M.Farm-Klin. Lebih lanjut Wanita berhijab ini menjelaskan meski dengan keterbatasan gedung yang sederhana bisa memberikan informasi prihal pembelajaran di laboratorium dan pelaksanaan OSCE (Objective Structured Clinical Examination) karena diKampus PIM sendiri sudah 2 tahun terakhir melaksanakan OSCE secara mandiri.
Selain itu 2 Dosen POLTEKKES PIM memberikan Kuliah Umum diantaranya apt. Endang Susilowati, S.Si, M. Farm-Klin. Memberikan materi kuliah Interaksi Obat pencegahan dan penanganannya sedang apt. Lailiiyatus Syafah, M. Farm. memberikan Materi kuliah Inovasi produk kefarmasiansebagai pengembangan potensi bahan alam indonesia.

Informasi tentang perkuliahan Obat Herbal sangat diminati oleh AKFAR Toraja pasalnya Kampus yang terletak di propinsi Sulawesi Selatan tersebut masih minim industri obat termasuk obat tradisional. Perkuliahan tentang bahan alam juga masih belum seluas poltekkes pim sedang potensi bahan alam yang bisa dihasilkan sangat besar.

“ Harapan saya selaku direktur kolaborasi kerjasama ini akan bermanfaat baik bagi akademi farmasi toraja dalam peningkatan kualitas pelaksanaan pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat”, ujar Apt. Estherina Allo Payung,S.Si., M.Farm.Klin., MAP selaku Direktur Akademi Farmasi Toraja.

Baca juga:  Sakit Sedikit, Jangan Lari ke Antibiotik

Lebih lanjut Estherina merasa bangga dan berbahagia karena bisa diterima dengan baik di Poltekkes Putra Indonesia Malang sehingga bisa berkesempatan merealisasikan rangkaian kerjasama MOU antara Akfar toraja dengan POLTEKKES PIM Malang saat melakukan kunjungan studi dan kuliah umum di kampus yang mempunyai tagline “ Karir Bergengsi tak hanya mimpi” tersebut.

Bagikan:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *