7 Manfaat Kerupuk Kulit, Dan 3 Efek Sampingnya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Kerupuk kulit adalah kerupuk yang dibuat dengan bahan dasar dari kulit hewan, biasanya kulit hewan yang dipakai yaitu kulit sapi ataupun kulit kerbau. Kerupuk kulit merupakan salah makanan ringan yang bisa dijadikan camilan ataupun teman makan nasi. Rasanya yang renyah dan gurih, dan harganya pun sangatlah terjangkau membuat tidak sedikit orang yang selalu menyediakan kerupuk ini untuk dikonsumsi sehari-hari. Dengan mengetahui manfaat kerupuk kulit, maka dapat menikmati kerupuk kulit sekaligus mendapatkan manfaatnya.
Beberapa manfaat kerupuk kulit untuk kesehatan diantaranya:

manfaat kerupuk kulit1. Dapat Mengobati Maag

Manfaat kerupuk kulit pertama yaitu dapat mengobati sakit maag.  Kerupuk kulit dapat dapat menyembuhkan gejala mual dan perih pada perut akibat gangguan maag. Apabila  sering mengalami gejala maag, maka dapat dicoba untuk mengkonsumsi kerupuk kulit setiap gejala tersebut muncul. Dengan mengkonsumsi kerupuk kulit, maka rasa sakit dan juga perih pada lambung  dapat hilang dan teratasi tanpa perlu mengkonsumsi obat.

2. Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Manfaat mengkonsumsi kerupuk kulit selanjutnyayaitu baik untuk pertumbuhan tulang. Walaupun hanya makanan ringan, namun kerupuk kulit punya kandungan protein hewani cukup tinggi, misalnya kalsium dan fosfor. Kandungan kalsium serta fosfor sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Jadi mengonsumsi kerupuk kulit sangat bermanfaat bagi yang masih dalam masa pertumbuhan. Selain disukai orang dewasa, kerupuk kulit juga disukai oleh anak-anak.

3. Menambah Cadangan Energi

Kerupuk kulit juga dapat membantu menambah cadangan energi . Mengonsumsi kerupuk kulit pada pagi atau siang hari lebih baik karena bermanfaat sebagai penambah cadangan energi. Kandungan protein hewani didalamnya dapat berfungsi untuk menyimpan energi cadangan dalam tubuh, sehingga dapat membantu aktivitas harian.

4. Tinggi Akan Kandungan Protein

Kerupuk kulit merupakan salah satu produk hewani. Salah satu kandungan gizi yang penting, yang ada pada makanan kerupuk kulit ini adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Protein memiliki banyak manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah baik untuk pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh. Protein  sangat bermanfaat bagi tubuh seperti memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu pertumbuhan. Protein hewani juga dapat membentuk organ otak manusia serta sel darah merah, sehingga berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Asupan protein hewani yang cukup dapat membantu pembentukan serta keseimbangan hormon.

5. Baik untuk Pencernaan

Kerupuk kulit yang dibuat dengan kulit hewan mengandung serat yang  tinggi. Serat ini berperan penting dalam melancarkan pencernaan dan mengatasi sulit BAB. Jadi mengonsumsi kerupuk kulit setelah makan cukup baik bagi sistem pencernaan.

6. Rendah Kalori

Kerupuk kulit juga bisa dijadikan camilan ketika diet. Ketika  sedang menjalani program diet, kerupuk kulit merupakan salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi. Kerupuk kulit ternyata rendah kalori, sehingga mengkonsumsinya tidak akan menimbulkan kegemukan dan cocok dijadikan sebagai pendamping diet.

7. Penawar Rasa Pedas

Manfaat kerupuk kulit selanjutnya yaitu dapat dijadikan sebagai penawar rasa pedas. Kerupuk kulit mengandung minyak alami yang berasal dari kulit hewan, yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa pedas di lidah. Sehingga lebih baik makan kerupuk kulit untuk menghilangkan pedas dari pada meminum banyak air putih.

Efek Samping Mengonsumsi Kerupuk Kulit Berlebihan
Selain mengetahui manfaat kerupuk kulit, kerupuk kulit juga memiliki efek samping ketika dikonsumsi secara berlebihandiantaranya :

  1. Kerupuk kulit memiliki mengandung  minyak berlebih jika tidak dilakukan penyerapan minyak ,terutama jika sudah melewati proses penggorengan berulang-ulang. Hal ini berdampak buruk bagi kesehatan seperti menyebabkan kadar kolesterol naik.
  2. Dalam pengolahan yang salah kerupuk kulit sering dijumpai banyak yang mengandung bahan pengawet , pewarna makanan, MSG yang tinggi,  kandungan tersebut tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh.
  3. Kerupuk kulit mengandung lemak jenuh yang menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jika mengonsumsi secara berlebihan.

Dari uraian diatas manfaat dan efek samping mengkonsumsi krupuk kulit diatas maka sebaiknya memilih mengkonsumsi krupuk kulit yang terbaik kualitasnya dan membeli produk yang berasal dari sumber yang terbaik cara pengolahannya.

ttd

HUMAS PIM

5 thoughts on “7 Manfaat Kerupuk Kulit, Dan 3 Efek Sampingnya Jika Dikonsumsi Berlebihan”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *