ADA APAKAH DENGAN BIJI RAMBUTAN?

Buah rambutan adalah salah satu buah yang menyegarkan. Buah rambutan ternyata tidak hanya bisa dinikmati buahnya saja tetapi juga bijinya ,walaupun masih perlu dilakukan  penelitian untuk mengetahui manfaat dan  bahaya dari mengonsumsi bijinya tersebut . Buah rambutan   memiliki kandungan methanol terutama pada rambutan yang belum terlalu matang. Kadar methanol ini lah yang bisa bermanfaat tetapi juga bisa berbahaya jika terlalu banyak di konsumsi. Cara mengonsumsinya dengan memanggang terlebih dahulu layaknya kacang-kacangan, karena rasanya yang cenderung pahit

Beberapa Manfaat biji rambutan diantaranya :

  1. Mencegah Diabetes  .
    • Jika dagingnya memiliki rasa manis, biji rambutan rasanya cenderung pahit dan kadang asam. Kandungan methanol  rambutan   dipercaya memberikan efek hipoglikemik yaitu dapat menurunkan kadar gula darah. Biji rambutan juga dapat mengontrol kebersihan di dalam darah.
  2. Mengobati Sariawan.
    • Biji rambutan memiliki  vitamin yang baik bagi kesehatan. Salah satu kandungan vitamin yang dominan adalah vitamin C. Vitamin C sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh serta dapat mengobati berbagai penyakit diantaranya flu dan sariawan.
  3.  Melancarkan Pencernaan
    • Jika  mengalami gangguan pencernaan atau sembelit, sebaiknya mencoba biji rambutan. Biji dari buah tropis ini mengandung serat yang cukup baik dan tentunya bisa mengobati keluhan-keluhan dalam pencernaan. Tapi  jangan mengonsumsinya berlebihan karena dapat menyebabkan usus menjadi lebih keras dalam bekerja.
  4. Meningkatkan Imun.
    • Rutin mengonsumsi biji rambutan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak pernah mengonsumsi biji rambutan.

Mengonsumsi biji rambutan secara berlebihan mempunyai efek samping diantaranya:

  1. Seseorang yang memiliki  riwayat hipoglikemia perlu lebih waspada karena dapat menurunkan gula darah terlalu rendah.
  2. Kadar senyawa alkohol ataupun methanol mempunyai  pengaruh terhadap kadar asam urat dalam darah dan berpengaruh pada kesehatan organ liver atau organ hati. Kadar methanol yang terlalu tinggi dapat merusak organ hati.

Dengan uraian tersebut diatas, sebaiknya mengkonsumsi biji rambutan tidak berlebihan agar didapatkan  manfaat yang optimal bagi kesehatan tubuh.

Resume  by NAN

note:Dr. Adhi Pasha

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *