Asuhan Mandiri Tanaman Toga AKFAR PIM

 

AKADEMI FARMASI PUTRA INDONESIA MALANG (AKFAR PIM) melaksanakan program pengabdian masyarakat (ABDIMAS) tentang pengelolaan tanaman obat kepada  kelompok Asuhan Mandiri Tanaman Toga (ASMAN TOGA) Kota Malang.  Kegiatan ABDIMAS tersebut dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2022 di Aula Kelurahan Bunulrejo Jl. Hamid Rusdi kota Malang.

Tim Dosen AKFAR yang memberikan ABDIMAS adalah Anggraeni In Oktavia,SP,M.Ling, apt.Tri Danang Kurniawan, S.Si., M.Farm. dan Widji Siti Lestari, S.K.M., MM. Tim dosen AKFAR menjelaskan tentang Pengolahan Tanaman Obat pengelolaan pasca panen, pengemasan, pembuatan produk jamu hingga higienitas dan penyimpanan produk. Pengelolaan tanaman obat memegang peranan penting dalam mempertahankan mutu dan khasiat tanaman obat.

Khasiat tanaman obat berasal dari metabolit sekunder yang terkandung dalam tanaman tersebut. Beberapa metabolit sekunder yang terkandung pada tanaman antara lain : alkaloid, flavonoid, tanin saponin dan terpenoid. tanaman yang mengandung Alkaloid mempunyai ciri-ciri berasa pahit, tanaman berwarna mengandung flavonoid, tanaman dengan kandungan Tanin mempunyai ciri-ciri rasa yg kesat / sepet sedangkan tanaman berbusa memiliki kandungan saponin. Masing masing tanaman mempunyai khasiat yang berbeda berdasarkan kandungan alaminya.

Kesalahan dalam pegolahan tanaman akan mempengaruhi metabolit sekunder yang dapat menurunkan mutu dan khasiat tanaman. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah mengolah tanaman obat dengan suhu tinggi, tidak menjaga kebersihan tanaman yang telah diolah dan penyimpanan pada tempat yang kurang tepat.

Sesi Tanya jawab dimanfaatkan peserta dengan penuh antusias menanyakan tentang berbagai proses pengolahan pasca panen, pencucian, sortasi, teknik perajangan, hingga metode pengemasan. Peserta mengungkapkan harapannya kedepan dapat dilakukan pelatihan lanjutan berupa pembuatan produk-produk inovatif untuk meningkatkan taraf hidup kelompok Asman Toga Kota Malang.

HUMAS PIM

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *