DIKLAT RUANG HIMANISMA & HIMADFAR POLTEKKESPIM

Sebanyak 23 mahasiswa Politeknik Kesehatan Putra Indonesia Malang (POLTEKKESPIM) mengikuti  Diklat Kepemimpinan Pengurus HIMANISMA dan HIMADFAR Putra Indonesia Malang Tahun 2022/2023. Kegiatan Diklat meliputi 2 bagaian yaitu diklat Ruang dan Diklat Lapang dengan mengusung  tema ,”“Leadership is An Action, Not Only A Position But A Mandate and Responsibility”.  Bertempat di kampus PIM Jl.Barito 5 Malang DIKLAT ruang berlangsung pada hari Rabu dan Kamis, 11 hingga12 Januari 2023 jam 7.15 hingga selesai.

Beberapa materi yang disampaikan dalam DIKLAT  kepemimpinan ini meliputi : Materi umum tentang kehumasan, Materi umum tentang kepemimpinan, Kewirausahaan dan Manajemen waktu , serta kesekretariatan meliputi Birokrasi Poltekkes .

Ambar Fidyasari, STP., MP.  sebagai salah satu pemateri  menguraikan  bahwa mahasiswa  sebagai Iron Stock harus berintelektual dan berakhlak. Sebagai Agent of Change Mahasiswa adalah agen perubahan.  Mahasiswa juga diharapkan menjadipembawa nilai kebaikan (Kejujuran, gotongroyong, cerdas. Mahasiswa sebaiknya juga mempunyai moral force  sebagai wujud nyata perilaku moral yang baik. Mahasiswa juga sebagai kontrol sosial yang menjadi pembawa idealisme dan keadilan. Metode penyampaian materi disampaikan dalam situasi menyenangkan , diiringi ice breaking pertanyaan pertanyaan berhadiah.

Tema kesekretariatan meliputi Birokrasi Poltekkes disampaikan oleh Ayu Ristamaya Yusuf, A.Md., ST. pada wawancara khusus mengatakan, ” DIKLAT HIMA yang bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi mereka calon pengurus organisasi mahasiswa, tentunya mereka harus memahami sistem berorganisasi yang baik. Bagian penting membangun suatu organisasi adalah kemampuan perencanaan dan pengelolaan. Perencanaan dan pengelolaan yang baik ditunjukkan dari bagaimana orang-orang di dalam organisasi tersebut mampu mendokumentasikan setiap proses berorganisasinya. Betapa peran seorang ketua, sekretaris dan bendahara dalam mengarahkan dan mengatur organisasi kemahasiswaan sangat vital. Sehingga pengetahuan dasar tentang keadministrasian, kesekretariatan dan keuangan sangat penting diberikan. Harapannya mereka nanti dapat menjalankan organisasinya secara tertib administrasi, mempertanggungjawabkan setiap kegiatan yang mereka buat secara transparan, dan membawa HIMA menjadi makin baik untuk mewujudkan mahasiswa Cendekia, Patriotik dan Spiritualis”.

Kegiatan Diklat Ruang ditutup dengan pembekalan untuk persiapan Diklat Lapang dipandu oleh tim panitia  HIMA. Persiapan DIKLAT lapang meliputi persiapan barang bawaan serta penugasan kepada peserta.

HUMAS POLTEKKESPIM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *