GANYONG BUKANLAH LENGKUAS

Ganyong (Canna edulis kerr.) merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang banyak dijumpai di Indonesia. Nama lokal ganyong antara lain laos jambe; lumbong, nyindro, senitra, laos mekah, buah tasbeh, midro (Jawa) dan ubi pikul (Sumatera), di Madura ganyong disebut banyar dan manyor . Tanaman ganyong berumbi, bagian tengah umbi lebih tebal yang dikelilingi sisik berwarna ungu kecoklatan dengan akar serabut tebal. Bentuknya mirip lengkuas tetapi lebih besar dan daging umbi  lebih tebal.

NUTRISI

Umbi ganyong selain dikenal karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, juga mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi pula yang sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada bayi. Umbi ganyong biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dengan cara direbus atau diambil patinya. Umbi ganyong muda dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sayur atau dikukus, sedangkan umbi ganyong tua dimanfaatkan sebagai sumber pati. Pati ganyong merupakan pati yang diekstrak dari umbi ganyong.  Komponen utama penyusun pati adalah amilosa dan amilopektin.

Kadar pati umbi ganyong berkisar antara 49,98 hingga 53,14% . Kelebihan pati ganyong yaitu tidak mengandung mengandung asam sianida (HCN) dan gluten, sehingga dapat dikonsumsi bagi orang-orang yang alergi terhadap gluten . Pati ganyong dalam bentuk alaminya memiliki kekurangan seperti tidak tahan panas, kelarutan terbatas serta viskositas yang tinggi. Masalah tersebut dapat diatasi dengan modifikasi pati agar menghasilkan pati yang memiliki sifat-sifat reologi berbeda dari pati alami. Syarat mutu untuk pati ganyong sampai saat ini belum ada, sehingga standar mutu pati yang umum digunakan adalah tapioka. Syarat mutu tapioka menurut SNI 3451:2011 untuk kadar air adalah sebesar 14% dan derajat putih minimal 91. 

PEMANFAATAN

Masyarakat Indonesia memanfaatkan ganyong dengan cara direbus dan dibuat kerupuk. Selain itu, umbi ganyong tua dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber pati dan umbi muda dimanfaatkan  sebagai sayur atau dikukus,  bagian tajuknya untuk pakan ternak. Namun, saat ini juga telah
dilakukan pemanfaatkan tepung umbi ganyong (Canna edulis Ker) sebagai pengganti tepung terigu dalam pembuatan biskuit tinggi energi protein dengan
penambahan tepung kacang merah .

Umbi ganyong dipercaya sebagai obat tradisional yang berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti antipiretik, diuretik, hipertensi, radang saluran kencing dan panas dalam .Pati ganyong memiliki nilai cerna yang tinggi dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit maag. 

Secara umum manfaat Umbi Ganyong untuk Kesehatan Tubuh sebagai berikut :

1.Mengobati Luka Lambung

Kandungan polifenol dan flavanoida dalam ganyong berkhasiat untuk menyembuhkan luka lambung. Caranya dengan  memakan  bubur tepung umbi ganyong dengan air, gula merah dan sedikit garam yang dimasak.

2 Baik Untuk Pencernaan dan Usus

Kandungan pati dalam ganyong ternyata mudah dicerna oleh tubuh. Apalagi dengan kandungan kimianya membuat umbi ini ampuh melancarkan pencernaan dan kesehatan usus. Bubur ganyong juga baik untuk mengatasi diare dan gangguan perut.

3.Mendukung Pertumbuhan Balita

Manfaat umbi ganyong juga baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi dan balita. Kandungan zat besi, fosfor dan kalsium yang tinggi dalam makanan ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

4.Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium yang tinggi dalam ganyong berkhasiat memperbaiki dan menguatkan tulang. Mengonsumsi rebusan atau bubur ganyong secara berkala sangat baik untuk menjauhkan dari gangguan tulang.

5.Mengatasi Radang Saluran Kencing

Umbi ganyong berkhasiat mengatasi radang saluran kencing. Caranya yaitu memasak umbi ini dengan kumis kucing, akar alang-alang dan air secukupnya hingga mendidih  minum airnya selagi hangat.

6.Mengatasi Panas Dalam

Selain mengenyangkan umbi ganyong juga berkhasiat untuk meredakan dan mengatasi gangguan panas dalam. Metodenya yaitu merebus ganyong dan temulawak dengan air hingga mendidih dan meminum airnya.

7.Baik untuk Penderita Diabetes

Selain sebagai pengganti pangan, kandungan pati dalam ganyong juga tidak membuat kadar gula darah naik, sehingga makanan ini baik untuk pengganti nasi dan sumber karbohidrat bagi penderita diabetes.

8.Sumber Energi yang Baik

Manfaat umbi ganyong juga baik sebagai sumber energi tubuh karena kandungan protein dan karbohidrat atau pati yang tinggi. Mengonsumsi bubur ganyong dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga membuat tubuh lebih segar.

9.Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam umbi sangat baik untuk mendukung program diet. 

Info lebih lanjut tentang pemanfaatan Umbi Ganyong dapat menghubungi Akademi Analis Farmasi dan Makanan Putra Indonesia Malang (Akafarma PIM) sebagai  perguruan tinggi vokasi  yang menghasilkan ahli madya analis farmasi dan makanan yang berkompeten di bidangnya, berdedikasi dan berkualitas. Alamat kampus AKAFARMA PIM di Jl. barito 5 Malang .

Reff
-Buletin Plasma Nutfah Vol.16 No.2 Th.2010 
-Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak
-HUMAS AKAFARMA-AKFAR PIM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *