GIZI DAN OLAHRAGA, ABDIMAS AKAFARMA-AKFAR PIM Di KELURAHAN BUNULREJO

 

AKADEMI ANALIS FARMASI DAN MAKANAN  -AKADEMI FARMASI PUTRA INDONESIA MALANG (AKAFARMA -AKFAR PIM) Selasa 25 Januari 2022 melaksanakan program pengabdian masyarakat di kelurahan Bunulrejo Jl. Hamid Rusdi kota malang dengan tema,”Pemanfaatan Gizi dan Olahraga Dalam Upaya Meningkatkan Imunitas Masyarakat Kelurahan Bunulrejo, Kota Malang Selama Pandemi”.  Peserta dalam kegiatan ABDIMAS ini adalah ibu-ibu PKK POKJA 4 bidang kesehatan dengan narasumber dosen AKAFARMA_AKFAR PIM. Koordinator kegiatan yaitu Aprinia Dian Nurhayati , SGz, MSi. dengan Anggota Fitri Eka Lestari S.G.z, MBiomed., Haritsah Alfad, M.Pd. Turut hadir pula Ketua LPPM apt. Tri Danang Kurniawan, S.Si., M.Farm. dan Lurah Bunulrejo Agung Wijayanto.

Kegiatan diawali dengan beberapa senam bersama ibu-ibu PKK POKJA 4 dan sambutan. Gerakan senam santai dengan alunan music dangdut memberikan semangat senam kepada peserta ABDIMAS. Lurah Bunulrejo Agung Wijayanto dalam sambutannya berharap ibu-ibu POKJA  4 menjadi lebih  sehat dan bugar dengan melakukan senam  . Lebih lanjut  pak lurah mengungkapkan bahwa AKADEMI FARMASI  sudah melaksanakan Mou dg Kelurahan Bunulrejo dalam berbagai kegiatan .  Terimakasih kepada AKFAR PIM yang telah  memberikan ilmu kepada warga Bunulrejo, semangat disiplin , loyalitas kepada semua masyarakat Bunulrejo. Dari Bunulrejo oleh Bunulrejo untuk Bunulrejo.

Ketua LPPM AKAFARMA/AKFAR PIM , apt. Tri Danang Kurniawan mengucapkan terimakasih kepada pak Lurah yg telah memberikan fasilitas  pengabdian Masyarakat . Dalam kondisi  pandemi  perlu memanfaatkan dan meningkatpkan Gizi masyarakat salah satunya melalui kegiatan ABDIMAS. Semoga kerjasama dengan kelurahan Bunulrejo  dapat berjalan terus dan  berlanjut melalui pengabdian penelitian serta kerjasama di  berbagai bidang.

Kegiatan ABDIMAS dilanjutkan dengan penjelasan materi tentang olahraga dan imunitas . Fitri Eka Lestari SGz,MBiomed. menjelaskan bahwa aktifitas gerak dapat mengurangi lemak dan meningkatkan massa otot, sehingga meningkatkan kesehatan. Jika lemak menumpuk  dapat mengurangi keseimbangan tubuh.

Selanjutnya Aprinia Dian Nurhayati , SGz,MSi. Memberikan arahan tentang gizi dan antropometri.  Pernah dilakukan penelitian kepada 40 mahasiswa, sekitar 6 diantaranya mengalami  pre diabetes, tidak gendut tetapi mempunyai  lemak tinggi. Sehingga perlu perbaikan pola makan dan aktifitas fisik.  Anak yang gemuk dapat menurun kan kecerdasan, mudah stress, memicu kemalasan. Dengan  kegiatan  ABDIMAS  ini diharapkan ibu-ibu dapat  mengukur status Gizi generasi penerus bangsa. Yang dibutuhkan saat ini untuk generasi muda adalah menu gizi seimbang,  bukan lagi menu  4 sehat 5 sempurna .

Kegiatan ABDIMAS diakhiri dengan praktek pengukuran antropometri , lomba game pazzel tema gizi dan pembagian doorprize. IBU Leli salah satu ketua tim pemenang lomba pazzel  bersemangat menerima hadiah  bersama kelompoknya dan berterimakasih kepada panitia  atas terselenggaranya  praktek pengukuran antrometri tersebut.

Humas PIM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *