Jambu Biji, Makanan Sehat Kaya Nutrisi

Jambu biji (Psidium guajava) adalah buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Nama lain jambu biji adalah jambu batu, jambu siki dan jambu klutuk. Buah yang satu ini merupakan makanan yang sehat dan kaya nutrisi. Dalam 100 gram buah jambu biji mengandung nutrisi  antara lain:

  •  Kalori: 68 kkal, Karbohidrat: 14.32 gram ,
  • Gula: 8.92 gram, Lemak: 0.95 gram,
  • Serat: 5,4 gram,
  • Potasium: 417 miligram,
  • Vitamin C: 228.3 miligram,
  • Vitamin A: 624 international units (IU)
    (Medical news)

Dengan kandungan nutrisi tersebut, buah jambu biji sangat bermanfaat diantaranya :

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh
    •  Jika tubuh kekurangan vitamin C, virus akan mudah masuk ke dalam tubuh. Vitamin C yang tinggi pada jambu dapat membunuh bakteri dan virus jahat yang menyebabkan infeksi. Ari Fahrial Syam (FK UI ) menjelaskan, berdasarkan hasil screening terhadap ratusan protein dan ribuan senyawa herbal terkait mekanisme kerja virus. Pada jambu biji terdapat beberapa golongan senyawa yang berpotensi menghambat dan mencegah virus SARS-CoV-2 (virus corona)
  2. Meningkatkan kesehatan jantung
    • Sebuah studi menunjukkan, orang yang rutin makan buah jambu biji sebelum makan, tekanan darah dan kolesterol jahatnya turun sapai 9,9 persen. Selain itu, makan jambu biji juga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh sampai delapan persen. Melihat efek tekanan darah dan kolesterol jahat yang jadi faktor risiko penyakit jantung, konsumsi jambu biji secara rutin bermanfaat bagi kesehatan jantung.
  3. Menyehatkan pencernaan
    • Jambu biji merupakan makanan sumber serat   yang baik bagi tubuh. Rutin mengonsumsi jambu biji, dapat membantu melancarkan pergerakan usus dan mencegah sembelit. Memakan jambu biji dapat memenuhi 12 persen kebutuhan serat harian. Daun jambu biji juga dapat membantu kesehatan pencernaan. Studi menunjukkan, konsumsi daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare. Menurut penelitian, daun jambu biji bersifat antimikroba, sehingga dapat menetralkan mikroba penyebab diare di usus.
  4. Mengobati sariawan dan gusi bengkak
    • Dengan kandungan  vitamin C yang tinggi, jambu biji  membantu mengobati sariawan maupun gusi bengkak. Vitamin C berperan dalam proses penyembuhan luka dan membangun daya tahan tubuh melawan infeksi.
  5. Menjaga kesehatan mata
    • Jambu biji mengandung vitamin A yang diperlukan tubuh. Dalam 100 gram jambu biji,  mengandung vitamin A 25 SI. Vitamin A termasuk nutrisi penting bagi kesehatan tubuh, di antaranya : Kesehatan reproduksi,  Kesehatan kulit, Pertumbuhan , kesehatan mata / fungsi penglihatan
  6. Mencegah anemia
    • Vitamin C yang terkandung di dalam jambu biji dapat membantu tubuh dalam penyerapan zat besi. Kekurangan zat besi mengakibatkan tubuh tidak dapat memproduksi cukup hemoglobin dan protein dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke jaringan tubuh.
  7. Membantu perkembangan sistem saraf.
    • Asam folat pada jambu biji  mencegah beberapa cacat lahir terutama otak dan tulang belakang . Selain itu juga membantu pertumbuhan sistem saraf dan peredaran darah pada bayi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *