KULIAH TAMU PERPUSTAKAAN AKAFARMA-AKFAR PIM

AKAFARMA-AKFAR Putra Indonesia Malang  menyelenggarakan kuliah tamu pada hari sabtu, 26 maret 2022 secara daring. Kuliah tamu dengan tema “APLIKASI KOMPUTER melek literasi digital, cerdas di era digital”. Sebagai Narasumber dihadirkan 2  pemateri  yaitu Melati Purba Bestari S.SOS (Pustakawan Universitas Muhammadiyah Malang) dan Sugeng Setiawan,S.KOM (Staf IT Perpustakaan Putra Indonesia Malang). Kuliah tamu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Putra Indonesia Malang, dilanjutkan dengan sambutan pembuka, presentasi narasumber dan forum Tanya jawab.

Dr. apt. Bilal Subchan Agus Santoso,M.Farm selaku direktur AKFAR PIM  dalam Sambutan pembuka memberikan himbauan kepada semua peserta kuliah tamu untuk selalu bijak dalam menggunakan literasi digital dan tidak terjebak dalam informasi hoax.

Melati Purba Bestari S.SOS selaku pemateri pertama dengan tema “Tips penelusuran Informasi Ilmiah secara aman di era digital”  memaparkan  tentang e-resources yaitu sumber-sumber informasi yang dapat diakses secara terbuka diantaranya:

  1. https://onesearch.id (katalog online),  
  2. https://e-resources.perpusnas.go.id/ puluhan database journal  internasional online berkualitas , cara bergabungnya juga mudah tinggal register untuk mendapatkan keanggotaan dan pasword,  
  3. https://ipusnas.id/ hampir sama dengan fipbook yang bisa di instal melalui playstore dan upstore terdapat puluhan ribu buku yang dapat diakses secara gratis ,
  4. http://rama.ristekbrin.go.id/
  5. https://sinta.kemdikbud.go.id berisi journal yang sudah terakreditasi
  6. https://garuda.kemdikbud.go.id

Untuk melakukan penelusuran informasi menggunakan  pencarian search engine lebih optimal dapat menggunakan Boolean yaitu kata”and,or, not” dan syntax yaitu gabungan kata dalam kalimat . Fungsi Boolean dan syntax adalah memunculkan hasil yang relevan dan mengurangi hasil yang tidak relevan.

Narasumber juga menjelaskan tentang plagiarisme sesuai dengan permendikbud RI nomor 17 tahun 2010 bahwa   Plagiat adalah perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai.  Yang sering terjadi plagiarisme di perguruan tinggi adalah : 

  • Gost writer (penulis bayangan)
  • Copy paste
  • Tidak melakukan parafase ( mengubah rujukan yang diambil)
  • Tidak memahami kaidah sitasi

Untuk menghindari plagiarisme sebaiknya memperhatikan keempat hal tersebut dengan baik dan benar.

Pada sesi kedua Sugeng Setiawan,S.KOM  memberikan informasi bertema ” Pemanfaatan Fitur Perpustakaan Digital pada website Perpustakaan Putra Indonesia Malang”.  Sesi kedua ini berisi tentang sosialisasi fitur-fitur perpustakaan digital PIM.

Kuliah tamu diakhiri  dengan Tanya jawab peserta pada akhir sesi presentasi narasumber. Beberapa mahasiswa diantaranya Fatihatul Fikri Akafarma semester IV menanyakan tentang cara memilih kata-kata yang spesifik dalam search angine. Selanjutnya dijawab oleh narasumber dengan menguraikan  fungsi boolean dan syntax lebih detail dengan praktek membuka mesin pencari google.

HUMAS PIM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *