KULIAH TAMU REPRODUKSI WANITA & KONTRASEPSI

Senin, 20 Juni 2021,  AKADEMI FARMASI PUTRA INDONESIA MALANG (AKFAR PIM) mengadakan  kuliah tamu dengan tema REPRODUKSI WANITA & KONTRASEPSI . Sebagai Dosen tamu yaitu An Nisa Fithri, A.Md.Keb., S.KM.,M.KM.  dosen  STIKES Kendedes Malang, dengan moderator apt. Lailiiyatus Syafah, M.Farm.

 apt. Endang Susilowati, M.Farm-Klin WADIR I bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan,  dalam sambutannya mengatakan , pokok bahasan kontrasepsi adalah kajian D3 farmasi yang diajarkan pada semester IV, sehingga kuliah tamu ini sangat tepat untuk meningkatkan wawasan  tentang kontrasepsi dan keamanan penggunaannya. Kami sangat berterimakasih kepada ibu An Nisa Fithri yang telah membagikan ilmunya kepada kita semua.

Dalam uraiannya An Nisa Fithri, A.Md.Keb., S.KM.,M.KM.  menjelaskan  berbagai sub bahasan diantaranya waktu untuk memulai kontrasepsi pasca persalinan, Jenis-jenis kontrasepsi, Cara penggunaan kontrasepsi dan efek sampingnya.  Alat kontrasepsi  yang ideal mempunyai ciri ciri : Aman, efektif bebas efeksamping, mudah didapat, terjangkau, dapat diterima pengguna dan bebas dari efek pada kehamilan dimasa depan. Metode kontrasepsi yang dilakukan antara lain : natural, barier, chemical, IUD, pil, implan, suntik,dan morning after pil.

Sesi terakhir kuliah tamu yaitu Tanya jawab  dari peserta. Melalui chat maupun bertanya langsung.  Adelia Maharani mahasiswa dari AKFAR 4A menanyakan apakah setiap penggunaan KB hormonal maupun non hormonal dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang ideal? . Narasumber menjawab hasil penelitian  menunjukkan antara  pil dan suntik  yang cenderung meningkatkan berat badan adalah KB suntik. Pada KB suntik terdapat hormon progesteron yang menghambat kerja usus sehingga tidak cepat terabsorbsi, buang air besar menjadi berkurang sehingga mempengaruhi hipotalamus dan meningkatkan rasa lapar .Ooleh karena itu suntik lebih berpotensi meningkatkan berat badan. Penggunaan progesteron diciptakan seolah2 wanita  dalam kondisi hamil, sehingga muncul flek  hitam di pipi sebagai  pengaruh dari hormon, sedangkan pada   penggunaan PIL KB  dapat  mengurangi jerawat.

HUMAS PIM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *