Kuliah Tamu “Tehnik Aseptik Penyiapan Obat Injeksi”

Dalam rangka memberikan bekal ketrampilan dispensing obat suntik kepada mahasiswa, pada hari Jum’at 18 Desember 2021, AKFAR Putra Indonesia Malang mengadakan kegiatan kuliah tamu dengan mengangkat topik Tehnik Aseptik Penyiapan Obat Injeksi. Acara diadakan di Laboratorium Mikrobiologi Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang, dengan mengundang narasumber Mahendra Yudha,Amd. Kep Onk, tenaga perawat yang berpraktek di RSIA Galeri Candra Malang.

apt. Endang Susilowati, M.Farm-Klin. sebagai dosen mata kuliah Pengantar Farmasi Klinik di Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang mengatakan, kegiatan kuliah tamu ini penting bagi mahasiswa Diploma Tiga Farmasi untuk berlatih melakukan pencampuran obat suntik. Pencampuran obat suntik merupakan kewenangan dari apoteker dan TTK sebagai tenaga kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Kompetensi pengetahuan dispensing obat steril terdapat dalam kurikulum Diploma tiga Farmasi, namun masih belum sampai ke ranah motorik. Oleh karena itu melalui kuliah tamu ini diharapkan mahasiswa akan memperoleh pengalaman melakukan pencampuran obat suntik secara aseptik.

Peserta kuliah tamu  yaitu mahasiswa AKFAR semester 5 ,  terlihat bersemangat mengikuti setiap tahapan proses kegiatan. Kuliah tamu diawali dengan penjelasan dari Mahendra Yudha Amd., Kep. tentang bagian-bagian spuit, macam-macam jarum suntik dan macam wadah obat suntik. Kegiatan dilanjutkan dengan praktek langsung diantaranya cara membuka dan menutup spuit, mematahkan leher ampul, rekonstruksi obat suntik bentuk serbuk, mengambil cairan obat dari ampul, dan memasukkannya ke cairan infus. Di akhir kegiatan mahasiswa diberi kesempatan tanya jawab interaktif.

Salah satu mahasiswa peserta kuliah tamu yaitu Trendi Agam mengatakan bahwa kuliah tamu ini sangat bermanfaat dan memberikan pengalaman praktis menyiapkan obat suntik. Trendi Agam berharap selanjutnya lebih sering diadakan kuliah tamu untuk menambah wawasan dan keahlian mahasiswa.

Humas PIM

1 thought on “Kuliah Tamu “Tehnik Aseptik Penyiapan Obat Injeksi””

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *