Mahasiswa Semester 6 AKFAR PIM Ikuti PKL Industri dan Pelayanan Farmasi

Awal Februari 2020, mahasiswa Akademi Farmasi (AKFAR) Putra Indonesia Malang (PIM) melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan (PKL). Sejumlah 177 mahasiswa semester 6 kampus yang memiliki tagline Touch Your Future ini akan menjalani PKL di rumah sakit, industri farmasi, puskesmas dan klinik selama tiga bulan. Terhitung tujuh perusahaan besar farmasi di Malang dan Regional Jawa Timur telah siap menerima peserta PKL dari kampus yang berlokasi di Jalan Barito 5 Kota Malang ini.

Perusahaan tersebut mulai dari PT. BALATIF, PT. FIRST MEDIPHARMA, PT. HELMIGS, PT. NATURA LABORATORIA PRIMA, PT. TIRTA SARANA SUKSES dan PT. VITAPHARM. Direktur AKFAR PIM, Lailiiyatus Syafah, M.Farm., Apt menjelaskan bahwa PKL mahasiswa semester 6 dilaksanakan pada bidang industri farmasi dan pelayanan farmasi. ”PKL pada bidang industri farmasi dilaksanakan dalam waktu dua bulan sedangkan di bidang pelayanan farmasi dilaksanakan dalam waktu 1,5 bulan,” terangnya.

Selain menjalin kerjasama PKL di industri farmasi, AKFAR PIM juga berhasil menjalin kerjasama PKL dengan 12 rumah sakit atau klinik dan 20 puskesmas Malang Raya dan Jawa Timur. Yakni Rumah Sakit Jember Klinik, Rumah Sakit Tk III Baladhika Husada Jember, RSUD Bangil, RSI Aisyiyah Malang, RS Universitas Muhammadiyah Malang, RS Baptis Batu, RSI Unisma Malang, RSUD Kota Malang, RS Karsa Husada Batu, serta Puskesmas Kota Malang.

Untuk mengikuti PKL, mahasiswa AKFAR PIM harus mengikuti tahapan seleksi, yaitu seleksi akademik dan tes materi. Selain itu mahasiswa memperoleh pembekalan dari dosen dan praktisi. Pembekalan dari dosen dilakukan selama 16 kali pertemuan, yang bertujuan untuk memperdalam materi dan membangun kesiapan mental. Pembekalan dari praktisi dilakukan oleh tiga praktisi yaitu praktisi dari bidang farmasi industri, farmasi rumah sakit dan apoteker penanggung jawab apotek.

Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagi mahasiswa tentang pekerjaan kefarmasian di industri farmasi, rumah sakit dan apotek. Direktur AKFAR PIM juga menjelaskan bahwa PKL ini merupakan gambaran mahasiswa untuk mengenal pekerjaan kefarmasian yang sebenarnya. Selama proses PKL mahasiswa mampu mengembangkan softskill bekerja dalam tim di industri farmasi ataupun rumah sakit. (mar)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *