MARGARIN DAN MENTEGA Apakah bedanya..?

Banyak diantara kita yang menggangap margarin dan mentega sama. Padahal jelas berbeda antara margarin dan mentega berbeda meskipun tampilannya mirip.

Margarin

Margarine adalah produk makanan berbentuk emulsi padat atau semi padat yang dibuat dari lemak nabati dan air, dengan atau tanpa penambahan bahan lain yang diizinkan . Margarin merupakan emulsi dengan tipe emulsi water in oil (w/o), yaitu fase air dalam fase minyak atau lemak. Margarine mengandung 80% lemak, 16% air dan beberapa zat lain. Minyak nabati yang sering digunakan dalam pembuatan lemak adalah minyak kelapa, minyak inti sawit, minyak biji kapas, minyak wijen, minyak kedelai dan minyak jagung. Minyak nabati umumnya berwujud cair, karena mengandung asam lemak tidak jenuh, seperti asam oleat, linoleat dan linolenat.

Mentega

Mentega adalah produk berbentuk padat lunak yang dibuat dari lemak atau krim susu atau campurannya, dengan atau tanpa penambahan garam (NaCl) atau bahan makanan yang diizinkan. Mentega adalah produk olahan susu yang bersifat plastis, diperoleh memlalui proses pengocokan sejumlah krim. Mentega yang baik mengandung lemak 81%, kadar air 18% dan kadar protein maksimal 1% . Mentega dianggap sebagai lemak yang paling baik diantara lainnya karena rasanya yang menyakinkan serta aroma yang begitu tajam, karena lemak mentega berasal dari lemak susu hewan.
Oleh karena berasal dari lemak hewani, maka mentega mengandung kolesterol dan lemak jenuh lebih tinggi dibandingkan margarin.

Beberapa jenis mentega antara lain : 
1. Sweet cream butter
dibuat dari krim susu yang dipanaskan (pasteurisasi) untuk membunuh patogen dan mencegah pembusukan.
2. Unsalted butter (mentega tawar)
dibuat dari susu mentah tanpa perlu proses pemanasan, disebut unsalted butter.
3. Whipped Butter
Jenis mentega ini dibuat sebagai olesan. Penambahan udara pada proses pembuatan jenis mentega ini, membuat mentega punya konsistensi yang lebih ringan dan tidak terlalu padat. Jika dibandingkan dengan mentega biasa, jenis whipped butter memiliki kandungan kalori dan lemak lebih sedikit.

Untuk melihat suatu produk disebut margarin atau mentega yaitu dengan melihat komposisi produk. Bila terbuat dari bahan nabati adalah Margarin, dan jika dari bahan hewani disebut sebagai mentega. Beberapa konsumen  vegan dan vegetarian lebih memilih margarin daripada mentega.

By Humas PIM from : 
> e-journal Boga, Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
> Kompas food
> repository.unpas.ac.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *