“Nata De Aloe ” AKAFARMA PIM

AKADEMI ANALIS FARMASI DAN MAKANAN PUTRA INDONESIA MALANG (AKAFARMA PIM)  Senin, 29 November 2021 Mengadakan pelatihan pemanfaatan lidah buaya dan tanaman hidroponik di Kampung lidah buaya  Perum Bumi Banjar Arum Asri, RT 01 RW 11 Singosari. Peserta pada pelatihan ini yaitu Bapak dan ibu warga Banjar arum . Pelatihan ini merupakan pelatihan tahap lanjutan sebagai warga binaan AKAFARMA PIM .

Sebagai narasumber pada pelatihan ini yaitu  Andini, A.Md., S.Pd,M.Si. dan Meiria Istianasari AMd. SPd.M.Si.. Kedua Narasumber merupakan dosen AKAFARMA PIM MALANG. Beberapa produk unggulan dalam pelatihan ini yaitu Nata de Aloe dan olahan asinan sayur Hidroponik.

Narasumber menjelaskan bahwa pembuatan Nata de Aloe dapat memanfaatkan kulit maupun daging lidah buaya sisa agar tidak terbuang. Nata de Aloe memanfaatkan air cucian beras dengan penambahan Jahe untuk menghilangkan bau anyir. Pembuatan Nata de Aloe dilakukan dengan metode steril dekat api kompor dan membutuhkan waktu 1 minggu.

Bapak Gito  dan Lukman peserta pria dalam pelatihan ini menjelaskan bahwa dalam pelatihan ini peserta laki2 tidak hanya mengikuti pelatihan tetapi juga menyiapkan  tempat, sarana lokasi dan peralatan pelatihan.  Dengan pelatihan ini beliau berharap semua potensi setempat dapat terus dikembangkan dengan bermanfaat sumberdaya yang ada.

REFF: HUMAS PIM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *