Pelantikan & Penyumpahan Tenaga Teknis Kefarmasian  AKAFARMA – AKFAR PIM

Sabtu  (22 November 2021) sebanyak 157 lulusan Prodi D-3 Farmasi AKADEMI ANALIS FARMASI DAN MAKANAN-AKADEMI FARMASI PUTRA INDONESIA MALANG (AKAFARMA-AKFAR PIM ) resmi dilantik sebagai Tenaga Teknis Kefarmasian (Ahli Madya Farmasi). Lulusan D-3 yang dilantik sebagai tenaga teknis kefarmasian, terdiri dari 26 ahli madya farmasi dari program D-3 AKAFARMA dan 131 ahli madya farmasi dari program D-3 AKFAR. Bertempat di Ruang Aula Lantai II, acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) Tahun Akademik 2020/2021 dilaksanakan secara  luring disertai  daring live via zoom dan youtube.

Acara meliputi : Pembukaan, menyanyikan lagi Indonesia raya dan Mars PIM, Prosesi penyumpahan dan pelantikan, penandatanganan naskah sumpah, sambutan, penyerahan lulusan ke PAFI, penghargaan , doa dan penutup.

Penyumpahan dilaksanakan oleh ketua Pengurus Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) JATIM Drs. HENDRO TRI PANCORO.,MM didampingi oleh direktur AKAFARMA Ambar Fidyasari, STP., MP. dan direktur AKFAR Dr. apt. Bilal Subchan Agus Santoso,M.Farm. Kegiatan penyumpahan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah sumpah didampingi oleh rohaniwan menurut agama dan keyakinan masing masing. Dalam sambutannya Drs. HENDRO TRI PANCORO.,MM mengatakan bahwa sumpah atau janji mengandung tanggungjawab terhadap bangsa dan negara RI , Pancasila dan UUD serta terhadap kesejahteraan rakyat. Dengan dilantiknya lulusan hari ini maka secara resmi lulusan telah resmi menjadi anggota PAFI . AKAFARMA-AKFAR PIM merupakan perintis senior yang membanggakan di Jawa Timur.

Direktur AKAFARMA PIM, Ambar Fidyasari, STP., MP.  dalam sambutannya mengatakan Penyumpahan ini adalah moment yang sangat berharga untuk pertanggungjawaban didunia hingga akherat kelak. Sumpah yang sudah diucapkan harus terpatri dalam diri untuk diaplikasikan ketika bekerja dan terus memberikan konstribusi yang baik kepada masyarakat. Profesi Tenaga Teknis Kefarmasian adalah profesi yang sangat mulia yang diharapkan dapat tetap menjaga kode etik kefarmasian.

Perwakilan lulusan yang telah disumpah Ayrton Hega Alpha Zona memberikan sambutan terimakasih kepada ORANG TUA, seluruh dosen PIM yang senantiasa memberikan suport keberhasilan dalam studi, dan  Kita harus dapat merubah segala sesuatu menjadi lebih baik.

Penyerahan lulusann AKAFARMA-AKFAR PIM kepada ketua PAFI cabang Malang , ibu Hery Murniati ,S Farm . SE, dengan menyematkan pim PAFI kepada perwakilan lulusan. Selanjutnya diberikan penghargaan kepada  5 peraih nilai UKTTK terbaik diantaranya :

  1. Amalia Fara Nabila , Nilai 82,2
  2. Fransisca Celia Anantia Wibowo, nilai 79,4
  3. Alma Khoirida , nilai 75,6
  4. Riska Maulida Prameswari , nilai 72,2
  5. Ayrton Hega Alpha Zona, nilai 71,1

Nilai tertinggi pertama sekaligus peraih nilai UKTTK terbaik ketiga tingkat nasional bidang ANAFARMA diraih oleh AMALIA . Peraih nilai tertinggi AKFAR yaitu : Dwi Rahayu dengan nilai 85.

Kegiatan penyumpahan diakhiri dengan pembacaan doa penutup  oleh Drs. H.M.Rosyad M.Si.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *