Perkenalkan Namaku “Garut”

Garut adalah sejenis tumbuhan  menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Tanaman garut (Maranta arundinacea Linn.) merupakan tanaman tahunan, tegak, berumpun . Tinggi tanaman mencapai 1 – 1,5 m dengan batang berdaun dan memiliki percabangan menggarpu. Tumbuh baik pada lahan dengan ketinggian 0-900 dpl (diatas permukaan laut) dan paling baik pada ketinggian 60-90 m.  Garut sering  ditanam di pekarangan  sebagai cadangan pangan. Nama-nama daerahnya di antaranya: sagu (Plg.); sagu bamban (Bat.); sagu belanda, sagu betawi, larut (Sd.); angkrik, garut, gaerut, irut, larut, rarut, jlarut, klarut, waerut (Jw.); arut, bilus, larut, laru, salarut. 

Tepung garut  dapat digunakan sebagai alternatif untuk pengganti atau substitusi tepung terigu sebagai bahan baku pembuatan kue, mie, roti kering, bubur bayi, makanan diet pengganti nasi, dan terutama digunakan dalam industri kimia, kosmetik, pupuk, gula cair, dan obat-obatan . Kandungan karbohidrat tepung garut per 100 gram bahan diketahui lebih tinggi (85,2%) daripada tepung beras giling (78,99%), dan tepung terigu (77,3%).

Substitusi tepung gandum dengan tepung garut pada pembuatan roti tawar menunjukkan adanya peningkatan kadar serat pangan pada riti tawar sebesar 7,13 – 7,97 %. Pada penelitian Noor (2008), pembentukkan siklodekstrin (pati termodifikasi) dengan hidrolisis pati garut secara enzimatis.

Manfaat 

  1.  Mengurangi resiko Anemia
    • Dalam umbi garut terdapat karbohidrat alami yang murni dan memiliki kekentalan tinggi. Meski kandungan protein dan lemak dalam umbi garut ini rendah, tapi kandungan fosfor dan zat besinya jauh lebih tinggi dibandingkan jenis tepung-tepungan lainnya. Dengan tingginya kandungan fosfor dan zat besi, maka sangat berguna untuk mengurangi risiko anemia. Konsumsi umbi garut bisa dalam bentuk tepung yang diolah menjadi aneka olahan makanan , diparut dan diperas airnya untuk diminum.
  2. Bermanfaat untuk Ibu Hamil    
    • Umbi garut memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.
      Tanaman ini pada akarnya memiliki kandungan folat atau vitamin B9 yang bagus untuk pembentukan DNA pada janin dalam kandungan sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil.  Kandungan glutennya yang rendaha bermanfaat untuk mencegah perut kembung pada ibu hamil  yang disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron.
  3. Mengobati sakit Lambung
    • Kandungan sari pati pada umbi garut dapat meningkatkan kadar pH lambung sehingga menurunkan jumlah  luka pada lambung.  Umbi Garut sebagai Bahan Makanan Prebiotik yang mengandung pati resisten. Pati resisten  yang masuk ke dalam usus besar akan difermentasikan menjadi prebiotik baik untuk melawan bakteri jahat. Sehingga usus akan bebas dari bakteri jahat yang  menyebabkan beragam penyakit pencernaan. Selain menetralisir asam lambung, umbi garut juga dapat mengurangi sakit maag kronis dan  diare.
  4. Meningkatkan kekebalan Tubuh
    • Umbi garut dapat  digunakan sebagai makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
      Dalam tanaman umbi garut terdapat lactobacillus sp aerob yang mengandung prebiotik oligosaccharida sehingga dapat  menghilangkan bakteri jahat dalam usus. Usus yang sehat akan membuat daya tahan tubuh meningkat.Makanan yang dikonsumsi diserap dengan baik nutrisinya oleh usus sehingga tubuh mendapat asupan gizi lebih maksimal. Dengan kandungan nutrisi lengkap yang didapat oleh tubuh,menghasilkan  imunitas meningkat.
  5. Mengobati Luka
    • Umbi garut bermanfaat untuk meredakan peradangan akibat luka bakar. Caranya dengan memarut umbi garut ,memeras airnya dan mengoleskan sebanyak 2-3 kali setiap harinya. 
  6. Meningkatkan kesehatan Otak
    • Kandungan asam folat pada umbi garut dapat mendukung kecerdasan otak . Janin  dalam kandungan, bayi, balita, dan anak-anak yang masih dalam proses masa pertumbuhan membutuhkan asam folat   untuk perkembangan otak .

Semoga bermanfaat.

Reff:

-http://e-journal.uajy.ac.id/

-id.wikipedia.org

HUMAS PIM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *