AKFAR PIM BERIKAN PELATIHAN PRODUK SABUN PKK POKJA III KELURAHAN BUNUL REJO

 

AKADEMI FARMASI PUTRA INDONEIA MALANG (AKFAR-PIM) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di  Balai RW 13 Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing kota Malang. Kegiatan tersebut  tersebut  dilaksanakan pada hari minggu, 9 Januari 2022 dengan peserta anggota Kelompok Kerja (POKJA) III Kelurahan Bunulrejo.

Kegiatan ABDIMAS meliputi pembukaan, penyampaian materi proses pembuatan, praktek pembuatan sabun padat  dan penutup. Pembukaan acara diawali dengan perkenalan oleh ketua POKJA III dan dilanjutkan tim dosen AKFAR.

Trikowati  selaku ketua POKJA III menjelaskan bahwa kelurahan Bunulrejo mempunyai 4 POKJA yaitu :

  1. POKJA I bidang keagamaan.
  2. POKJA II bidang pendidikan dan koperasi
  3. POKJA III bidang sandang pangan, TOGA dan tatalaksana
  4. POKJA IV bidang kesehatan Lingkungan

Pada pelatihan pembuatan sabun masuk dalam kegiatan POKJA III yaitu produk daur ulang dan TOGA.

Tim AKFAR PIM dalam kegiatan ABDIMAS adalah dosen AKFAR PIM, yaitu Dra. Wahyu Wuryandari, M.Pd selaku Ketua dan 4 dosen lainnya sebagai anggota, yaitu Anisa Lailatusy Syarifah, M.Si. ,Yunita, S.Pd., M.Si., Milda Lailatul Mukarromah, S.Pd., dan Haritsah Alfad, S.Si., M.Pd. Produk pelatihan abdimas  yaitu sabun padat ekstrak tanaman toga. Praktek pembuatan sabun diawali dengan membagi kelompok POKJA menjadi 4 kelompok selanjutnya dilakukan pemilihan bahan, dan pencampuran bahan hingga menjadi sabun. Sabun yang telah dicetak didiamkan pada suhu ruang selama beberapa mingguhingga padat dan netral (saponifikasi sempurna/tidak mengandung alkali bebas).

Pada Akhir kegiatan ABDIMAS, masing masing kelompok membawa hasil karya produk sabun padat dengan aroma khas dan warna yang unik. Beberapa peeserta pelatihan POKJA III mengungkapkan bahwa sebelumnya tidak pernah membuat sendiri sabun padat dan berterimakasih kepada TIM AKFAR PIM yang telah mengadakan pelatihan ini.

HUMAS PIM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *