SHARING KNOWLEDGE TEHNIK ANALISIS SPEKTROFOTOMETRI UV VIS DAN APLIKASINYA

Akademi Analis Farmasi & Makanan  dan Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang (AKAFARMA-AKFAR PIM) pada hari Jum’at , 28 Mei 2021 mengadakan  sharing knowledge dengan tema “Tehnik Analisis Spektrofotometri UV/VIS dan Aplikasinya”.  Sebagai Moderator dalam kegiatan ini yaitu Anggraeni in Otavia S.P., M.Link.dengan pemateri utama yaitu Dr. Sentot Jokoraharjo, M.Si.. Kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui zoom meeting dengan dihadiri oleh 133 partisipan terdiri dari mahasiswa dan dosen.

Anggraeni in Otavia S.P., M.Link membuka acara dengan ucapan terimakasih kepada yang hadir dan membagi menjadi 4  sesi yaitu  pembukaan , pemaparan materi, sesi tanya jawab dan penutup. Selanjutnya memberikan waktu kepada Dr. Sentot Jokoraharjo, M.Si. untuk mempresentasikan materi.

Dr. Sentot Jokoraharjo, M.Si. menjelaskan bahwa Spektrofotometer adalah alat untuk mengukur transmitan atau absorban suatu sampel sebagai fungsi panjang gelombang, tiap media akan menyerap cahaya pada panjang gelombang tertentu tergantung pada senyawa atau warna yang terbentuk. Spektrofotometer UV/VIS  adalah teknis analisis spektroskopi yang memakai sumber radiasi elektromagnetik ultraviolet dekat (190nm-380nm ) dan sinar tampak (380nm-780nm) dengan menggunakan instrumen spektrofotometer. Instrumentasi Spektrofotometer UV/VIS yaitu sumber cahaya, monokromator,kompartemen sample, detektor danPengukuran intensitas cahaya.

Pada sesi tanya jawab dengan penanya pertama yaitu Rendika menanyakan “Apakah Untuk Uji Spektro pada saat pengujian metabolit skunder pada tumbuhan dari segi prosedur dan mekanismenya apakah sama dengan uji sediaan pada obat dan makanan ?”. Selanjutnya Devina dari Akafarama menanyakan tentang bagaimana cara untuk menentukan nilai absorbansi suatu sample. Beberapa pertanyaan lain bermunculan dan dijawab  oleh Dr. Sentot Jokoraharjo, M.Si dengan jelas . Sesi tanya jawab diakhiri dengan penjelasan tentang penjelasan bahwa Akafarma-Akfar PIM memiliki alat spektrofotometri yang cukup memadai untuk standar terapan D3 terutama D3 Analis Farmasi dan Makanan yang lebih sering menggunakan alat tersebut.

Sharing knowledge diakhiri dengan doa semoga acara ini bermanfaat untuk mahasiswa dan bapak ibu dosen disertai ucapan terimakasih kepada partisipan yang hadir. Semoga dapat bertemu pada kegiatan sharing knowledge berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *