TIPS SEHAT KETIKA CUACA DINGIN

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, Indonesia memasuki musim kemarau dengan situasi beberapa hari terakhir suhu udara relatif lebih dingin. Pada musim kemarau, kondisi cuaca di wilayah Indonesia terutama di bagian selatan ekuator akan mengalami tingkat pertumbuhan awan yang sedikit, dengan kondisi cuaca cerah cukup mendominasi baik siang maupun malam hari.

Kondisi tersebut secara umum menyebabkan variasi suhu udara permukaannya menjadi tinggi, Pada siang hari kondisi suhu udara relatif lebih terik atau panas, sedangkan pada malam hingga dini hari umumnya suhu akan lebih dingin. Fenomena kondisi suhu dingin ini merupakan fenomena yang normal dan dapat terjadi setiap tahun dengan signifikansinya tergantung pada kondisi atmosfernya.

Pada kondisi cuaca dingin, tubuh seolah dipaksa menyesuaikan diri terhadap cuaca ekstrem. Akibatnya, daya imun sangat terpengaruh saat terjadi perubahan cuaca. Bagaimana cara bertahan menghadapi paparan udara dingin tersebut? Berikut tips yang dapat digunakan :

1. Minum air
Saat udara dingin seseorang cenderung tidak haus dan menghindari minum. Akibatnya terjadi dehidrasi pada tubuh. Minum air yang cukup perlu diperhatikan untuk mencegah mencegah terjadinya dehidrasi.
2. Mengurangi Kafein
Hindari minuman yang mengandung kafein berlebihan. Misalnya kopi atau minuman bersoda. Sebab, mengonsumsi minuman tersebut dapat mengakibatkan dehidrasi dan tubuh menjadi tidak tahan terhadap dingin.
3. Nutrisi
Nutrisi Makanan merupakan hal penting untuk selalu diperhatikan. Jika nutrisi makanan tidak baik akan mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Makanan mengandung kalori tinggi disarankan agar dikonsumsi. Misalnya, makanan sumber karbohidrat dan berlemak. Hal ini dapat menjaga tubuh agar senantiasa dalam kondisi hangat. Sebaiknya tetap mengosumsi buah dan sayur-sayuran sehingga stamina bisa tetap senantiasa dalam kondisi vit.
4. Lotion Tubuh
Udara dingin mengakibatkan kulit menjadi kering, sehingga memicu terjadinya luka. Untuk menjaga kelembapan kulit pada cuaca dingin, sebaiknya menggunakan lotion pada kulit tangan dan telapak kaki.
5. Pakaian yang tepat
Cara untuk melindungi diri dari udara dingin yang paling sederhana adalah menggunakan pakaian yang tepat misalnya memakai jaket yang dapat menutupi seluruh tubuh. Dapat juga dengan menggunakan pakaian berlapis, tutup kepala tambahan, kaos kaki tebal dan sarung tangan selama berada di luar di saat udara dingin menyengat. Selalu gunakan pakaian kering dan bersih agar tubuh tetap sehat.
6. Krim pelembut bibir
Pada kondisi dingin, bibir dan lubang hidung terasa kering dan pecah. Bibir dan hidung yang kering menimbulkan luka yang dapat mengurangi nafsu makan atau malah mengalami mimisan. Penggunaan krim pelembut bibir dan hidung sangat tepat digunakan bila bibir terasa kering.

Baca juga:  Sakit Sedikit, Jangan Lari ke Antibiotik

Beberapa tips tersebut merupakan langkah awal sebagai antisipasi dalam mengatasi masalah udara ekstrem yang ada saat ini melanda sebagian wilayah Indonesia terutama pada malam hari.

Resume by Humas PIM : from any source
Bagikan:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *