Tips Sehat Ketika Kuliah Daring Dirumah

Kuliah daring pada masa pandemi adalah satu keharusan. Namun dalam pelaksanaannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama  segi kesehatan, sebab pemakaian gadget dalam jangka panjang sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh terutama organ mata. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap sehat selama kuliah daring diantaranya:

  1. Waktu bangun tidur                                                                                                                                         Pandemi Covid-19 dapat merubah polatidur dan bangun tidur. Usahakan tetap bangun pagi meskipun tidak berangkat ke kampus. Berolahraga, senam dan mandi di pagi hari sehingga tidak tergesa-gesa masuk kuliah daring memberikan ketenangan dalam mempersiapkan setiap sesi kelas.
  2. Sarapan pagi makanan bergizi                                                                                                                      Sarapan penting sebagai sumber nutrisi dalam beraktifitas. Makanan yang baik dan bergizi terutama sayur, buah, susu dan sumber protein lain ( ikan dan kacang-kacangan) sangat penting untuk menambah energi.
  3. Rutin Minum air                                                                                                                                                   Tubuh  membutuhkan asupan cairan setiap hari, untuk orang dewasa dibutuhkan minimal 8 gelas perhari atau untuk anak-anak usia 4-12 tahun diperlukan minimal 4-6 gelas per hari. Saat mengikuti belajar daring siapkan juga satu botol air minum sehingga tidak mudah untuk mengambilnya.
  4. Mengatur penggunaan Gadget                                                                                                                         Dokter spesialis mata RSUI, Anissa Nindhyatriayu Witjaksono, mengingatkan perlunya pengaturan jarak penggunaan gadget untuk belajar  saat pandemi. Beberapa solusi yang bisa dilakukan, yakni metode 20-20-20 artinya 20 menit melihat gadget, 20 detik istirahat dengan melihat atap langit-langit atau benda jauh sekitar 20 kaki atau  enam meter.
  5. Segera menyelelesaikan Tugas                                                                                                                       Setelah selesai sesi belajar online, usahakan untuk segera mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan. Selain karena materi yang disampaikan oleh guru masih sangat hangat,  juga dapat segera bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan.
  6. Mata perlu istirahat                                                                                                                                             Jangan lupa untuk mengistirahatkan mata beberapa saat, agar tidak terlalu kelelahan. Istirahatkan sebentar dalam penggunaan gadget seperti laptop, tablet, smartphone maupun televisi. Bisa juga dengan tidur siang sebentar. Karena selain tubuh, mata pun juga harus diistirahatkan agar terhindar dari kelelahan yang berdampak malas dalam mengikuti pembelajaran daring.
  7. Tidur Yang Cukup                                                                                                                                                     Agar tetap bugar di esok hari, perlu  memiliki waktu tidur yang cukup. Hindari untuk begadang dan bermain games atau menonton layar kaca berlama-lama hingga larut malam. Tidur terlalu malam mengakibatkan lemah dan lesu di pagi hari, sehingga semangat kuliah daring berkurang.

Dalam kondisi pandemi  ini ketujuh tips tersebut sangat penting untuk menjaga kondisi tetap fit. Pemerintah telah berupaya untuk membuat kebijakan dalam memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia, maka sebagai masyarakat yang baik, kita harus saling bergotong royong melawan virus corona dengan cara mendukung dan mengikuti anjuran pemerintah. Tetap jaga kesehatan meskipun di rumah saja.

Resume by NAN, dari berbagai sumber online dan offline.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *