usung kesetaraan gender, ajeng kartini jatim 2023 diraih oleh Alinda

Usung Kesetaraan Gender, Ajeng Kartini Jawa Timur Disabet Mahasiswa Poltekkes PIM

Senyum Alinda mengembang ketika namanya dibacakan sebagai pemenang Ajeng Kartini Jawa Timur 2023. Mengusung program tentang kesetaraan gender, mahasiswa Poltekkes Putra Indonesia Malang (PIM) itu menjadi Ajeng Kartini dengan mengalahkan 12 finalis lainnya di kategori umum.

Pencapaian Alinda menunjukkan bahwa profil Cendikia, Patriotik, dan Spiritualis memang menjadi keunggulan Poltekkes PIM. “Finalisnya ada 25 orang. Untuk kelompok remaja ada 12 orang, dan kelompok umum ada 13 orang. Itu sudah hasil seleksi dari total 150 orang peserta.” ujar mahasiswi dari Prodi D3 Farmasi itu.

Alinda (jilbab hitam) bersama pemenang Ajeng Kartini Jatim 2023 kategori remaja

Putaran final Ajeng Kartini Jawa Timur diselenggarakan pada 16-17 September 2023 di Hotel Cleo, Surabaya. Pada putaran final, terdapat 5 tahap penilaian yaitu tes tulis, focus grup discussion, presentasi, grooming test, dan deep interview. Sebelumnya pun para peserta yang masuk ke babak semifinal harus mengunggah video advokasi dan video bakat ke media sosial.

Usulkan Program Kesetaraan Gender di Tingkat Sekolah Menengah

Ajeng Kartini merupakan event yang diselenggarakan oleh Simpor Group Pageant. Sebuah organisasi yang memiliki perhatian pada pendidikan, kebudayaan, dan sosial.

Sebagai Ajeng Kartini Jawa Timur, Alinda mengusung isu kesetaraan gender sebagai program yang akan dijalankan. “Saya lebih berfokus pada faktor yang dapat memicu diskriminasi gender. Misalnya patriarki, juga misogini. Program yang dijalankan akan menyasar ke sekolah tingkat menengah yang ada di pelosok daerah di Jawa Timur. Nantinya akan ada sosialisasi yang berhubungan dengan kegiatan di sekolah yang dapat menguatkan tentang kesetaraan gender.” jelas lulusan SMK Jaya Negara, Lawang tersebut.

Alinda akan mewakili Jawa Timur di Kompetisi Ajeng Kartini Nasional pada 2-4 November 2023. “Saat pengumuman pemenang saya sempat khawatir, karena saya juga sedang mempersiapkan diri untuk UKOMNAS TTK. Yang pertama kali terbayangkan adalah kira-kira jadwalnya akan bentrok apa enggak? Setelah tau gak bentrok, agak lega dikit lah.” ujar Alinda sembari tersenyum.

Baca juga:  DUDIKA Favoritkan Lulusan POLTEKKES PIM

Ujian Kompetensi Nasional untuk calon lulusan Poltekkes PIM terjadwalkan pada 28-29 Oktober 2023. Pelopor kampus kefarmasian di Kota Malang itupun telah melakukan serangkaian tahapan untuk menjamin kualitas lulusan. Mulai dari try out, pembekalan, dan Ujian OSCE untuk menjamin kualitas lulusan semakin meningkat.

Bagikan:

1 thought on “Usung Kesetaraan Gender, Ajeng Kartini Jawa Timur Disabet Mahasiswa Poltekkes PIM”

  1. Pingback: Usung Kesetaraan Gender, Ajeng Kartini Jawa Timur Disabet Mahasiswa Poltekkes PIM – Neni's Home on the Web

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *