pemeriksaan kesehatan lansia di panti jompo KNDJH

Ramadan Berkah Himanisma PIM Berbagi Keramahan di Panti Jompo KNDJH

Himanisma (Himpunan Mahasiswa Analis Farmasi dan Makanan) Poltekkes PIM melakukan serangkaian kegiatan di bulan suci Ramadan. Kegiatan yang bertajuk RAMAH (Ramadan Berkah) itu diawali dengan Bakti Sosial di Panti Jompo Yayasan Peduli Kasih KNDJH. RAMAH berakhir pada sore hari dengan agenda pembagian takjil ke warga yang melintas di ruas jalan Kebonagung.

Kegiatan Ramadan Berkah di Panti Jompo KNDJH dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 April 2023. Bakti sosial dilakukan dalam bentuk pemeriksaan kesehatan lansia yang ada di sana. Menurut Ketua Pelaksana, Vita Permata Sari, alasan memilih Bakti Sosial di Panti Jompo dikarenakan seringkali yang menjadi tujuan kegiatan serupa adalah panti asuhan untuk anak yatim piatu, padahal orang-orang yang sudah sepuh pun butuh perhatian.

“Tujuan dari kegiatan untuk mahasiswa adalah bisa berlatih menjaga tata krama, yang nantinya bisa berguna ketika terjun di dunia kerja. Kita akan lebih mudah bersikap kepada rekan kerja yang lebih senior, karena di kegiatan ini mahasiswa yang lebih muda bisa memposisikan diri harus bagaimana bersikap kepada yang lebih tua.” lanjut mahasiswa Program Studi Anafarma semester 4 tersebut. Penjelasan dari Vita semakin menunjukkan bahwa kegiatan kemahasiswaan di Poltekkes PIM ditujukan untuk pembentukan karakter dari mahasiswa.

Pemeriksaan kesehatan kepada para lansia merupakan kolaborasi antara Himanisma dan KSR PMI Unit Poltekkes PIM. Keduanya merupakan organisasi mahasiswa di kampus yang beralamat di Jalan Barito Nomor 5. Pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah, gula darah, dan asam urat dilakukan secara bergilir kepada para lansia. Pengecekan dilakukan pada ruang khusus pemeriksaan dan juga menyambangi lansia yang harus beristirahat di ranjangnya. Anggota Himanisma yang lain juga turut membaur, beramah tamah dengan para lansia yang menunggu giliran untuk diperiksa. Di akhir kegiatan, tim Himanisma memberikan bingkisan tanda kasih kepada perwakilan Yayasan Peduli Kasih KNDJH.

Baca juga:  Tips Sehat Pasca Lebaran

Syaiful Bahri, selaku Pembina Yayasan Peduli Kasih KNDJH, menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Himanisma Poltekkes PIM. “Salah satu bentuk perhatian yang bisa kita berikan adalah dengan memastikan kondisi kesehatan dari para lansia yang ada di panti ini. Oleh karenanya, kami sangat berterima kasih kepada Himanisma dan siapa pun yang datang untuk saling membantu. Kami sangat terbuka untuk menerima bantuan dalam bentuk apapun”

Masih menurut penuturan pak Syaiful Bahri, Yayasan Peduli Kasih telah berdiri mulai tahun 2010 dan resmi terdaftar pada tahun 2012. Awal mula berdirinya yayasan ini berawal dari tulisan sang istri yang mengangkat tentang cerita orang-orang yang mengalami keterpurukan dan akhirnya tulisannya dibeli oleh salah satu penulis sehingga uang yang didapat digunakan untuk membantu lansia. Yayasan Peduli Kasih KNDJH ini menaungi panti asuhan, panti jompo dan rumah singgah gratis untuk pasien yang mendapat rujukan dari RS Saiful Anwar Malang. Awalnya untuk lansia ini jadi satu dengan panti asuhan dengan jumlah 12 lansia perempuan. Dikarenakan jumlah lansianya bertambah maka dibuka lokasi panti jompo di daerah Wonokoyo dengan jumlah saat ini 31 lansia.

Foto bersama Himanisma dengan pak Syaiful Bahri
Bagikan:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *