Foto bersama perwakilan KSR PMI Poltekkes PIM dan Anak Asuh Panti As-Salam Shobuur

KSR PMI Poltekkes PIM Bekali Panti As-Salam Shobuur Membuat Hand Sanitizer

Ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu oleh setiap muslim, tak terkecuali bagi Unit Kegiatan Mahasiswa Poltekkes PIM. Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) unit Poltekkes PIM menggelar bakti sosial di Panti Asuhan As-Salam Shobuur, Tlogomas, Kota Malang. Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu, 15 April 2023 difokuskan dengan melatih pembuatan hand sanitizer.

“Ini adalah rasa syukur dari teman-teman di KSR Poltekkes Putra Indonesia Malang. Teman-teman mahasiswa ingin berbagi kebahagiaan bersama teman-teman di sini” ujar Ambar Fidyasari, S.TP, MP., dalam sambutannya di awal acara. Lebih lanjut, Wakil Direktur 2 Poltekkes PIM itu meminta ijin kepada pengurus Panti Asuhan mewakili KSR PMI untuk berbagi ilmu.

Sebanyak 13 anak panti asuhan yang mengikuti bakti sosial ini sangat antusias. Berbagai pertanyaan mengalir dalam suasana yang rileks antara mahasiswa dan anak-anak panti asuhan. Antusiasme mereka sangat nampak dalam sesi membuat Hand Sanitizer.

“Dari materi yang disampaikan saya dan teman-teman jadi tahu tentang prilaku hidup bersih dan sehat. Pembuatan hand sanitizer pun ternyata bisa dipelajari dengan mudah. Ini juga bisa membuka peluang usaha buat saya” ungkap Umi, salah satu anak asuh panti Asuhan As Salam Shobuur.

Sementara itu, Ketua KSR Ardhita Rahma Wiji Lestari berharap anak asuh di Panti As-Salam Shobuur bisa melanjutkan hasil dari pelatihan. “Mereka tinggal di sini hingga lulus SMA. Semoga apa yang kami berikan pada hari ini bisa menjadi bekal untuk ke depannya. Mereka bisa menerapkannya dalam berwirausaha, atau diajarkan juga kepada orang lain”, lanjut mahasiswi prodi Farmasi dari kampus yang mengusung tagline Karir Bergengsi tak Hanya Mimpi.

Dari kanan ke kiri: Ardhita, Alvira, dan Rikosa, memandu sesi praktek pembuatan hand sanitizer

Kesan Pertama yang Bikin Terkesima

Kegiatan Bakti Sosial yang dilakukan oleh KSR PMI ini ternyata meninggalkan kesan bagi pihak tuan rumah. “Saya terkesima dengan penataan dekorasi dan setting tempat. Sepanjang ada tamu kesini, baru kali ini setting tempatnya enak dan sedap dipandang”, ujar bu Marlin, Pengasuh Panti Asuhan As Salam Shobuur. Lebih lanjut, dia menyampaikan banyak terimakasih atas kepedulian KSR Poltekkes PIM dalam memberi materi dan workshop pembuatan Hand Sanitiser dan berharap akan mendapat berkah Allah SWT pasca diadakannya bakti sosial ini.

Baca juga:  Sakit Sedikit, Jangan Lari ke Antibiotik

Acara yang digagas oleh salah satu unit kegiatan mahasiswa di kampus yang beralamat di Jalan Barito Nomor 5  ini juga menampilkan bakat dan potensi anak asuh panti. mulai dari menari, membaca Al Quran, hingga menyanyi. Mereka menampilkan berbagai bakat tersebut dengan sangat antusias hingga adzan magrib berkumandang. Bakti sosial diakhiri dengan buka bersama dan sholat magrib berjamaah. Sebelum berpamitan, dilakukan pemberian donasi dalam bentuk barang dan bahan makanan dari penggalangan yang telah dilakukan oleh panitia.

Anak asuh Panti As-Salam Shobuur mengisi acara menuju waktu berbuka puasa
Ambar Fidyasari didampingi oleh KSR PMI menyerahkan donasi kepada bu Marlin dan anak asuh Panti As-Salam Shobuur
Bagikan:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *