GANDENG POLTEKKES PIM, POKJA 3 TULUSREJO PRODUKSI SABUN HERBAL

Tanaman Obat Keluarga (Toga) merupakan tanaman yang sangat berperan dalam pemberdayaan kesejahteraan keluarga oleh karena itu PKK Pokja 3 Kelurahan tulusrejo Kota Malang menggandeng Politeknik Kesehatan Putra Indonesia Malang (POLTEKKES PIM) dalam menginovasi toga menjadi sabun padat yang kaya akan manfaat. Bertempat di balaidesa Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang puluhan kader PKK dari masing-masing RW berkumpul untuk mengikuti Workshop pembuatan sabun herbal padat berbahan dasar tanaman toga pada hari Kamis 26 Oktober 2023.

Sabun herbal berbahan Kunyit, temu giring, secang, sirih merah hingga kopi diproduksi karena bahan tersebut kaya akan manfaat. Kunyit dan temu giring, secang dan kopi, bermanfaat  Antioksidan dan Antibakteri.  Sedang sirih merah selain anti bakteri juga berfungsi sebagai anti jamur.

“Acara hari ini cukup menarik karena baru pertama kali membuat sabun dan bahan dasarnya sesuai dengan pokja 3  seperti kunyit, temu giring dan secang “ ujar Wahyu Sulistyaningtyas, lebih lanjut Ketua Pokja 3 PKK Tulusrejo berharap  pokja 3 dapat bersinergi lagi dengan POLTEKKES PIM dalam rangka pengabdian  masyarakat.

Dalam sambutannya dra. Wahyu Wuryandari, M. Pd saat pelaksanaan Wokshop menjelaskan bahwa Ibu-ibu POKJA 3 di Desa Tulusrejo menginginkan pemanfaatan bahan alam dalam bentuk yang lain selain digunakan untuk jamu. “ Harapan saya acara hari ini bisa ditularkan ke masing-masing RW dengan harapan beliau-beliau akan menjadi perpanjangan tangan dari kami untuk memberikan pelatihan pembuatan sabun herbal”. Terangnya.

Sementara itu Mahasiswa POLTEKKES PIM yang bertugas mendampingi peserta workshop merasa bangga terlibat dalam pelaksanaan Pengmas di Desa Tulusrejo. “ Ilmu yang saya dapatkan di kampus bisa saya salurkan pada masyarakat sini”, ujar Erika Sandya Pitaloka lebih lanjut Mahasiswi semester 6 prodi D3 farmasi ini menambahkan bahwa worshop yang dia merasa bangga karena dapat memberi edukasi pada masyarakat bagaimana cara membuat sabun padat herbal yang baik dan benar. POLTEKKES PIM berharap setelah POKJA 3  memproduksi sabun herbal dan mampu memasarkan akan menjadi tambahan penghasilan bagi ibu-ibu PKK sehingga secara ekonomi akan meningkat. (Apry/bams)

Bagikan:
Baca juga:  Gandeng Komunitas Foto, prodi Gizi Poltekkes PIM sukses menggelar Food Photography Workshop

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *