apt. Lailiiyatus Syafah, M.Farm. memberikan materi Pembuatan Produk Herbal kepada peserta MGMP

Poltekkes PIM Dampingi MGMP Teknik Kimia Jawa Timur Membuat Produk Herbal Kekinian

Politeknik Kesehatan Putra Indonesia Malang (PIM) senantiasa memberikan kontribusi kepada dunia pendidikan. Institusi Pendidikan Kefarmasian yang telah eksis selama lebih dari 25 tahun di Kota Malang, berkolaborasi dengan MGMP Teknik Kimia Jawa Timur melalui pembuatan produk herbal.

Kolaborasi itu terjalin dalam acara Musyawarah Daerah (Musda) MGMP Teknik Kimia se-Jawa Timur. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, selain beragendakan musyawarah, juga dilengkapi dengan pelatihan pada hari kedua (25/2). Narasumber pelatihan dipercayakan kepada Tim Pengabdian Masyarakat dari Poltekkes PIM.

Tim yang terdiri dari 4 dosen dan 10 mahasiswa mendampingi Pelatihan Pembuatan Produk Herbal. Pelatihan yang diikuti oleh guru produktif dari rumpun Kimia Analisa ini berlangsung dalam suasana yang serius tapi ceria.

Pada sesi pemaparan materi, peserta serius menyimak dan berdiskusi tentang pemilihan bahan baku, proses awal pembuatan produk, hingga analisis mutu bahan baku. Ketika tiba gilirannya untuk membuat produk herbal, suasana ceria langsung menghangati Bromo Room Hotel Zam-zam, Kota Batu.

 

Pembuatan produk herbal wedang secang marshmellow

“Resep produk herbal yang kami bagikan pada pelatihan ini merupakan hasil dari praktikum mahasiswa. Memang kami pilihkan yang tahapannya bisa dilakukan dalam skala rumah tangga terlebih dahulu.”, ujar apt. Lailiiyatus Syafah, M.Farm., di awal sesi materi. Hal tersebut semakin membuktikan bahwa kegiatan perkuliahan di Poltekkes PIM didesain sedemikian rupa agar bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa, tapi juga masyarakat.

Lebih lanjut, Kepala Program Studi D3 Farmasi Poltekkes PIM ini menjelaskan, “Pengembangan produk herbal yang berupa sajian segar ini selalu dilakukan dalam kegiatan perkuliahan di Poltekkes PIM. Setiap kelompok mahasiswa diberikan kesempatan untuk berkreasi dari bahan-bahan herbal yang sudah lazim dikenal. ”

Terdapat 4 produk herbal yang dibuat dalam pelatihan ini. Semua produk diberi nama yang unik. Ada Setemon, minuman berbahan dasar bunga telang dan lemon. Curap, yang merupakan singkatan dari Curcuma frappe, minuman berbahan dasar temulawak. Wedang secang marshmellow, hingga Golden Avogato.

Baca juga:  Prodi Farmasi POLTEKKES PIM Pamerkan Kreasi Inovatif Fitofarmasi di Kampus Putra Indonesia Malang

Kegiatan pelatihan pembuatan produk herbal ini bukanlah yang pertama kali diadakan oleh kampus yang mengusung tagline ‘Karir Bergengsi Tak Hanya Mimpi’. Sebelumnya, kelompok Asman Toga Kota Malang telah mendapat pelatihan serupa. Berbagai kegiatan tersebut merupakan komitmen Poltekkes PIM dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat. (icl)

 

 

 

 

Bagikan:

3 thoughts on “Poltekkes PIM Dampingi MGMP Teknik Kimia Jawa Timur Membuat Produk Herbal Kekinian”

  1. Erna Susantii PIM

    Poltekes pim luarbiasa…terus berkarya utk kebaikan masyarakat…jayalah putra indonesia malang terus mencetak generasi hebat bidang farmasi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *