“Annato / Kesumba Keling” Pewarna Makanan Alami

Annatto adalah pewarna atau bumbu makanan berwarna oranye-merah yang terbuat dari biji pohon achiote (Bixa orellana). Pohon ini tumbuh di daerah tropis  Amerika Selatan dan Tengah dan dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. nama lain dari tanaman ini yaitu  kesumba keling, achiote, achiotillo, bija, urucum, dan atsuete. Annatto juga banyak digunakan di Amerika Latin sebagai pewarna, obat-obatan. Annatto merupakan  pewarna alami  kuat dengan kisaran warna dari kuning cerah ke oranye gelap. Banyak produk makanan dibuat secara komersial menggunakan annatto karena warnanya yang kuat.

Buah pohon achiote penghasil biji annatto berbentuk seperti hati runcing , ditutupi rambut tebal. Saat buah matang, polong terbuka memperlihatkan  biji merahnya. Benih dan pulp telah digunakan selama ratusan tahun untuk berbagai tujuan. Bijinya dapat digiling menjadi bubuk, diubah menjadi pasta, atau dimasukkan ke dalam minyak. Secara komersial, biji dan daging diproses untuk mengekstraksi zat warna yang dapat dimakan.

 

Penggunaan

Kesumba keling/ Annatto menghasilkan  warna kuning mentega, margarin, dan keju, yang semuanya akan menjadi warna krem ​​pucat. Produk keju  memperoleh warna oranye klasik dari annatto. Sekitar tahun 1800 ketika dianggap bahwa keju berkualitas tinggi berwarna kuning karena rumput hijau berkualitas lebih tinggi diumpankan ke ternak. Sebagaian  orang kini menganggap warna kuning cerah berasal dari bahan alami.

Annatto digunakan sebagai pewarna di banyak produk komersial lainnya seperti daging olahan, ikan asap, minuman, dan berbagai makanan kemasan.

Annatto juga dikenal sebagai “saffron KW” karena dapat digunakan untuk mencapai warna kuning terang yang mirip dengan safron tanpa harga tinggi. Banyak hidangan di Amerika Tengah dan Selatan, seperti arroz con pollo, menggunakan annatto untuk warna kuning yang berbeda. Annatto juga digunakan untuk mewarnai sup, semur, dan rempah-rempah.

Annatto   ditemukan di supermarket tetapi banyak dijual online di market place. Pasar global, terutama dari Amerika Latin, Meksiko, atau Karibia, banyak menjual rempah rempah dan Annatto dalam bentuk  biji utuh, bubuk, atau minyak beraroma.

RASA

Rasa Annatto dapat digambarkan sebagai tanah, musky, dan sedikit pedas. Biji annatto biasanya direndam dalam minyak atau digiling menjadi bubuk sebelum ditambahkan ke resep. Annatto adalah komponen rasa utama dalam banyak hidangan Amerika Latin .

Manfaat Kesumba Keling untuk Kesehatan

Beberapa manfaat kesehatan yang paling mengesankan dari kesumba keling adalah melancarkan pencernaan, menguatkan tulang, mencegah kerusakan  saraf, menurunkan panas demam dan meningkatkan kesehatan mata.

Berikut  manfaat kesumba keling untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan mata

Warna merah pada kulit dan biji kesumba keling yang diekstraksi mengandung karetanoid dan berperan sebagai antioksidan dalam sistem penglihatan. Hal tersebut juga sekaligus mencegah degenerasi makula.

2. Mengobati penyakit menular seksual (PMS)

Mungkin manfaat kesehatan yang paling mengejutkan dari kesumba keling adalah sangat efektif melawan gonore (kencing nanah). Menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam International Journal of Pharmacy and Biomedical Research, kesumba keling dapat mengurangi gejala gonore. Hal ini disebabkan karena penghambatan enzim aldose reduktase yang disediakan tanaman kesuma keling.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat yang tinggi ditemukan dalam biji dan daun annato. Serat diketahui sangat baik untuk pencernaan manusia dengan mempromosikan kelancaran makanan melalui usus dan penyerapan nutrisi yang efisien.

Serat juga membantu menurunkan kolesterol dan mengelola diabetes, karena bisa membantu mengoptimalkan kadar insulin dan glukosa dalam darah.

4. Memperkuat tulang

Tingkat kalsium yang signifikan ditemukan dalam annatto yang berperan dalam melengkapi kepadatan mineral tulang Anda dan memastikan kekuatan dan daya tahan tubuh. Osteoporosis dapat menyerang siapa saja, jadi mencegahnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium sangatlah penting.

5. Mencegah cacat lahir

Terdapat sejumlah folat (asam folat) yang ditemukan dalam annatto. Wanita hamil dianjurkan untuk meningkatkan kadar asam folat mereka untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Biji kesumba keling yang telah dihaluskan bisa digunakan untuk mengobati luka luar. Jika  menderita luka bakar atau luka pada kulit ataupun iritasi, biji annatto yang telah dihaluskan bisa diaplikasikan untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi timbulnya bekas luka. Selain itu, sifat antimikroba alami dapat membantu mencegah infeksi.

7. Meredakan sakit perut

Untuk menenangkan perut yang sakit, annatto sering dikonsumsi untuk mengobati masalah seperti sakit maag dan perut kembung yang biasanya disebabkan karena infeksi virus atau terlalu banyak memakan makanan pedas.

8. Mencegah kanker

Norbixin adalah salah satu senyawa yang ditemukan pada biji annatto dan dikenal sebagai antioksidan yang kuat. Dalam penelitian terbaru, ditunjukkan bahwa norbixin memiliki efek anti mutagenik yang mencegah menyebarnya sel kanker dan radikal bebas.

Meskipun penuh manfaat, penggunaan Kesumba Keling tidak boleh berlebihan. Mengonsumsi biji Annatto secara berleboihan dapat mengakibatkan sembelit dan alergi. Oleh karena itu penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan keseimbangan tubuh.

Resume  from any source by NAN humas PIM

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *