Cara Sehat Mengonsumsi Jamur Enoki

Jamur enoki (Flammulina) adalah jamur yang tumbuh di permukaan batang pohon yang sudah melapuk. Jamur juga bisa tumbuh di permukaan daun-daun lapuk. Bentuk jamur yang ada di alam terbuka berdaun lebar dan berwarna coklat dan merah muda. Namun, jamur yang dibudidayakan memiliki bentuk menyerupai tauge, dengan batang putih halus panjang dan bentuk jamurnya bulat kecil seperti jarum pentul.
Jamur Enoki dikenal juga jamur tauge, karena bentuknya seperti tauge hanya saja batangnya lebih panjang mencapai 15 cm. Berwarna putih, batang panjang dan ramping dengan tudung berukuran kecil.

Kandungan Nutrisi 
Jamur enoki diketahui kaya  serat dan rendah lemak, sehingga cocok untuk dimasukkan dalam menu diet harian. Dalam 65 gram jamur enoki mentah  terkandung air, protein, karbohidrat, magnesium, selenium, vitamin D, zinc, zat besi, niacin, asam pantotenat, tiamin, riboflavin, folat, dan fosfor.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam jamur enoki juga  baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa antioksidan yang ditemukan dalam jamur enoki antara lain asam galat, asam ferulat, quercetin, asam klorogenat, pirogalol, dan asam ellagic. Jamur enoki memiliki kandungan kaya akan vitamin B1 dan sumber seng (zinc).

Manfaat Jamur Enoki

Jamur enoki (Flammulina velutipes) memiliki banyak manfaat serta rasa yang lezat.  Jamur ini diketahui bermanfaat bagi penderita hipertensi, lansia, dan anak-anak yang sedang tumbuh. Aktivitas biologisnya dapat membantu mengurangi gula darah, tekanan darah, dan kolesterol di samping efek antitrombotiknya. Antitrombotik adalah sifat obat yang menghambat agregasi trombosit .

Jamur ini tidak memiliki efek racun yang diketahui pada tubuh manusia dan sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. F. velutipes memiliki serat yang merupakan polisakarida aktif yang dapat dimakan dan tidak dapat diuraikan oleh enzim litik atau dicerna dalam saluran pencernaan manusia. Serat makanan yang larut dalam air  dapat bergabung dengan kolesterol atau asam kolat melalui adsorbsi (menempelnya molekul, ion, atau atom pada suatu permukaan), mengurangi jumlah asam kolat yang dikembalikan ke hati dan meningkatkan metabolisme kolesterol dan transformasi menjadi asam kolat. Konsentrasi kolesterol berkurang dan penyerapan lipid dalam usus kecil terhambat. Oleh karena itu, kandungan lemak dalam darah dan kemungkinan penyakit kardiovaskular dapat dikurangi. Semakin tinggi konsentrasi serat makanan yang larut dalam air, semakin baik kemanjurannya dalam menurunkan kolesterol darah .

Zat bioaktif seperti sterol, sesquiteropenoid dan senyawa sterpurol, flammulinol-A, enokipodin yang diisolasi dari jamur F. velutipes memiliki efek antioksidan  kuat, penurun kolesterol, antiinflamasi, modulasi imun, antibakteri, antijamur, dan efek sitotoksik. Sebagai rangkuman, jamur enoki memiliki kalori yang rendah, serat pangan yang baik, protein dengan semua asam amino esensial, mineral dan vitamin yang memadai.

Kontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes.

Jamur enoki rawan terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes yang bisa menyebabkan penyakit infeksi usus bernama listeriosis. Penyakit listeriosis berbahaya bagi ibu hamil maupun orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah, seperti lansia serta orang dengan komplikasi penyakit penyerta.  Listeriosis dapat menyebabkan gejala, seperti demam, menggigil, diare, mual, dan nyeri otot. Pada ibu hamil, infeksi bakteri Listeria bisa memicu persalinan prematur, keguguran, ataupun kematian janin setelah melahirkan.

Tindakan Pencegahan

Untuk mencegah infeksi Listeria, jamur perlu dicuci dan dibersihkan semua permukaan dan wadah yang mungkin bersentuhan dengan jamur enoki. Listeria dapat bertahan dalam suhu dingin dan dapat dengan mudah menyebar ke makanan dan permukaan lainnya. Pembersihan wadah dan permukaan dapat dilakukan dengan air panas dan sabun. Bakteri ini dapat dihilangkan dengan pemanasan pada suhu 75 derajat celsius (Kementan RI oleh CNN Indonesia, 2020)

 

Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, eISSN: 2684-7604 / pISSN: 2477-5193
https://akg.fkm.ui.ac.id/
HUMAS AKAFARMA-AKFAR PIM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *